Belajar Hingga Akhir

Oleh: Abd. Mughis*

Belajar merupakan kewajiban bagi siapa pun yang harus ditunaikan oleh semua umat manusia tanpa terkecuali. Dimanapun dan sampai kapanpun, kita wajib belajar atau mencari ilmu. Bisa di rumah, pinggir jalan, tepi sawah sambil melihat pemandangan yang indah. Baik sendirian maupun dengan teman teman.

Jangan pernah beranggapan, belajar itu cuman di sekolah/ madrasah .Kita juga bisa belajar dari teman sekitar kita, baik yang lebih tua maupun dari yang lebih muda. Semua tempat bisa jadi tempat belajar. Terpenting ada niat yang berkobar untuk menjadi lebih baik.

Sampai kapanpun, kita wajib belajar. Usia tidak boleh menjadi halangan untuk belajar. Kadang kita berfikir, buat apa belajar terus, wong saya sudah tua.

Kita dituntut belajar atau mencari ilmu mulai dari buaian ibu sampai keliang lahat. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW, “Carilah ilmu walaupun diantara kamu dan ilmu terpisah lautan api”.

Kewajiban menuntut ilmu atau belajar ini dibebankan kepada setiap individu / perorang Muslim baik laki-laki maupun perempuan. Miskin maupun kaya tetap wajib belajar. Karena ilmu itu bukan hanya untuk orang kaya dan bukan pula hanya untuk orang miskin.

Dikatakan oleh Az-Zarnuji, pengarang kitab Ta’lim Al Muta’allim, “Barang siapa yang mencari sesuatu dan dilakukannya dengan sungguh-sungguh, pasti dia akan mendapatkannya. Dan barangsiapa yang mengetuk pintu dengan terus menerus, pasti dapat memasuki ruang tersebut”.

Demikian pula, sesuai dengan kesungguhannya, seseorang akan mendapat apa yang menjadi harapannya. Dalam konteks kesungguhan ini, kesulitan yang dihadapi seseorang akan dapat selesai dengan kesungguhan, terutama kesulitan yang dihadapi dalam proses belajar.

Sampai kapanpun kita belajar, Ilmu Allah tidak akan pernah ada habisnya. Seiring berjalannya waktu, perkembangan ilmu juga akan menuntut keseriusan kita untuk mendalaminya dengan lebih sungguh-sungguh.

*Penulis adalah Mahasiswa BPI angkatan 2020


Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *