Implikasi Kemajuan Teknologi

Oleh: Moh. Fahmi

Perkembangan teknologi yang semakin tak terkendali memberikan peluang yang sangat besar kepada manusia untuk memangkas keterbatasan yang diakibatkan jarak. Dalam hal komunikasi, kita bisa melalui perantara alat dan media yang dihasilkan oleh teknologi.

Entah melalui jaringan facebook, whatssApp dan lainnya. Hal itu sangat bisa dimanfaatkan ketika jarak memisahkan antara kedua pihak yang mempunyai hubungan erat dalam persaudaraan.

Namun demikian manusia tetap butuh berkomunikasi secara langsung dan bertatap muka untuk membangkitkan keakraban dan memupuk kehangatan dengan sanak family maupun teman dekat.

Kemudahan yang diberikan teknologi tidak serta merta dapat menggantikan kan apa yang bisa dihasilkan dari pertemuan secara langsung. Terkadang perasaan terasing dari komunitas bisa saja menjadi pemicu terpisahnya jarak antara dua golongan karena tidak adanya sentuhan secara langsung.

Dalam hal ini, penulis lebih cenderung menilai kepekaan sosial merupakan salah satu bentuk kesuksesan yang sebenarnya. Bukan mereka yang memamerkan kecanggihan teknologi semata dengan menggantikan kebutuhan berinteraksi dengan sesama.

Belum lagi apabila fenomena tersebut kita kaitkan dengan masalah interaksi terkait perbedaan budaya. Tentu sekat pemisah tersebut tidak akan pernah pudar apabila hanya dicukupkan dengan interaksi melalui media dan teknologi semata.

Pasalnya, kebutuhan manusia akan komunikasi secara verbal dan nonverbal merupakan keniscayaan yang tidak akan pernah tergantikan oleh apapun. Hal tersebut hanya akan tercapai melalui komunikasi langsung, bahkan dengan “apabila memungkinkan, dengan bersentuhan secara fisik.

Akan tetapi, kenyataannya kecanggihan teknologi komunikasi telah memporak-porandakan tradisi saling bergandengan tangan yang diwariskan oleh nenek moyang kita. Adat ketimuran yang sejak lama kita junjung tinggi harus tenggelam dalam kubangan lumpur kemajuan teknologi.

Ya, Semoga saja kita bisa memanfaatkan teknologi secara proporsional tanpa menghilangkan kebiasaan baik yang perlu ditanamkan para “pendahulu” kita.


Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *