Kolaborasi IAIMU Pamekasan dengan UIN SATU Tulungagung Sukses Gelar Webinar Da’wa Lecturing Series 2

September 25, 2021 by ADMIN in BERITA

PAMEKASAN – Institut Agama Islam Miftahul Ulum (IAIMU) Pamekasan bersama Universitas Islam Negeri Sayyid Rahmatullah (UIN SATU) Tulungagung sukses menggelar Webinar Da’wa Lecturing Series II, Sabtu (25/09/2021).

Kegiatan bertema “Dakwah Literasi Global” tersebut dilaksanakan sebagai tidak lanjut Memorandum of Understanding (MoU) antara Program Studi (Prodi) Manajemen Dakwah dari kedua kampus tersebut.

Webinar tersebut diisi oleh dua pemateri dari masing-masing kampus, yaitu K. Muchlis, Dekan Fakultas Dakwah IAIMU Pamekasan, dan Ahmad Nurcholis atau yang akrab disapa Doktor Ois, Ketua Program Studi (Kaprodi) Manajemen Dakwah UIN SATU Tulungagung.

Ahmad Baikuni, Wakil Rektor II IAIMU Pamekasan dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas suksesnya gelaran Webinar yang diikuti oleh 79 peserta dari kalangan Mahasiswa, Akademisi, Praktisi, Peneliti, Penyuluh dan Umum.

“Atas nama pimpinan tertinggi IAIMU Pamekasan, saya sangat berharap kerja sama ini tidak hanya selesai sampai di sini, tapi ke depan terus berlanjut dengan berbagai program dan inovasi yang dapat menopang kemajuan dunia akademik,” ucap Baikuni.

K. Muchlis dalam materinya menyampaikan, dengan mengangkat budaya literasi di lingkungan IAIMU Pamekasan, diharapkan ke depannya bisa mencetak generasi dakwah yang berpengetahuan luas.

“Bagaimana mahasiswa-mahasiswa bisa memahami tema-tema dakwah yang tepat untuk kondisi saat ini, dan ditopang dengan kemampuan literasi yang mumpuni,” jelasnya.

Sementara itu, Doktor Ois menyebutkan eksistensi Islam sebagai agama literasi. Menurutnya, segala sesuatu di dalam agama Islam diawali dengaj literasi.

“Mau ibadah, kita harus mengawali dengan literasi, dalam hal ini mengaji terlebih dahulu. Jadi, eksistensi Islam sebagai agama literasi sudah sedari dulu, sejak pertama kali Islam diturunkan,” paparnya. (bro/her)


Posted

in

by

Tags: